Apakah Bayi 6 Bulan Boleh Makan Buah Naga?

Apakah Bayi 6 Bulan Boleh Makan Buah NagaApakah Bayi 6 Bulan Boleh Makan Buah Naga

Apakah Bayi 6 Bulan Boleh Makan Buah Naga? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, Coba simak penjelasan atau jawaban yang diberikan oleh Salah seorang dokter bernama dr. Kms. Rakhmat Notariza dibawab ini:

Secara umum, pengenalan makanan pendamping ASI pada bayi dimulai sejak usia 6 bulan. Disarankan pada tahap pengenalan untuk memulai dengan makanan lumat berkonsitensi halus/saring yang encer, kemudian secara bertahap dikentalkan.

Apakah Bayi 6 Bulan Boleh Makan Buah Naga

Apakah Bayi 6 Bulan Boleh Makan Buah Naga?

Tekstur makanan pun dapat dinaikkan secara bertahap seiring waktu. Tidak ada urutan tertentu dalam pemberian MPASI dan sayur serta buah dapat dikenalkan secara bersamaan, termasuk buah naga.

Penyajian buah naga yang memudahkan pemberiannya untuk bayi adalah dengan memotong buah menjadi dua, kemudian ambil bagian dagingnnya saja sebagai bagian yang dapat dimakan. Hindari pemberian biji buah untuk bayi.

Advertisement

Kenalkan anak dengan buah ini dalam posi yang sedikit saja untuk memeriksa apakah anak mengalami reaksi yang kurang baik, misalnya alergi, diare, dan perut kembung. Hentikan pemberiannya jika ditemukan keluhan demikian.

Berikut ini merupakan tips yang disarankan untuk memilih makanan selingan sehat untuk anak:

  1. Pilihlah makanan selingan yang bergizi seimbang, dengan kandungan karbohidrat, protein, dan lemak yang porsinya lebih kecil daripada makanan utama. Contoh: bubur kacang hijau, roti selai kacang, roti isi keju mini, pudding susu, lemper, risoles, macaroni panggang, pastel
  2. Jagalah keamanan makanan selingan, yaitu tidak menggunakan bahan tambahan pangan yang berbahaya dan telarang
  3. Pastikan higienitas pengolahan dan penyajian makanan selingan
  4. Jadikan makanan selingan sebagai sarana untuk mengendalikan asupan kalori sembari tetap mempertahankan rasa kenyang. Contoh: Pilihlah buah dalam bentuk buah potong, bukan berupa jus
  5. Utamakan air putih daripada minuman manis seperti teh manis, kental manis, jus buah dengan tambahan gula, dan minuman bersoda

Apa Saja Manfaat Buah Naga Untuk Bayi 6 Bulan?

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga untuk bayi 6 bulan yang bisa dijadikan Sebagai MPASI Bayi diantaranya:

 1. Kaya Serat

Selain vitamin, buah naga juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat dapat melindungi sistem pencernaan dari penyakit. Dengan pencernaan yang sehat, buah hati Anda akan terhindar dari sembelit dan masalah dengan BAB lainnya.

Ditambah lagi, serat dapat menjaga keseimbangan kadar gula darah. Khasiat buah naga untuk bayi ini menjaga berat badan anak supaya meningkat secara sehat, tanpa resiko obesitas.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah naga untuk bayi 6 bulan yang terakhir adalah kesehatan kulit yang terjaga. Vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam buah naga sangat berperan dalam membangun dan memperbaiki sel-sel kulit. Oleh karena itu, buah naga sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit anak.

3. Kaya Zat Besi

Khasiat buah naga untuk bayi yang berikutnya adalah kandungan zat besi. Buah naga mengandung zat besi yang dapat meningkatkan jumlah sel darah merah. Zat besi sangat penting untuk mencegah penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Sedangkan penyakit anemia dapat menyebabkan tumbuh kembang bayi terhambat. Jadi, anak bisa berkembang secara normal.

4. Kaya Vitamin C

Manfaat buah naga untuk bayi lainnya adalah kandungan vitamin C dalam buah naga yang tinggi. Vitamin C adalah vitamin yang sangat mujarab karena membantu pertumbuhan tulang, otot, gigi, dan pembuluh darah. Vitamin C juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari penyakit. Jadi, tumbuh kembang dan kesehatan putra putri Anda akan terjaga dengan baik bersama MPASI buah naga.

5. Melindungi Jantung

Memberikan buah naga untuk bayi dapat melindungi jantungnya. Buah naga mengandung vitamin dan mineral yang dapat memperkuat jantung supaya si kecil tetap sehat. Hal ini juga akan mengurangi risiko anak mengalami masalah kesehatan jantung di kemudian hari.

 6. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Khasiat buah naga untuk bayi berikutnya adalah untuk melindungi sistem saraf anak. Buah naga mengandung beberapa mineral seperti fosfor, sodium, potasium, dan kalsium. Mineral-mineral ini dapat menjaga kesehatan sistem saraf anak. Dengan sistem saraf yang berkembang dengan baik, hal ini akan membantu anak mengembangkan keterampilan motorik dan sensoriknya.

7. Menjaga Pertumbuhan Tulang yang Sehat

Manfaat buah naga untuk bayi yang selanjutnya adalah pertumbuhan tulang yang sehat. Buah naga juga mengandung banyak mineral yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, contohnya potassium atau disebut juga kalium. Kalium dan senyawa flavonoid serta fenolik yang terkandung dalam buah naga dapat membangun tulang yang kuat. Dengan tulang yang kuat, anak akan terhindar dari risiko artritis di masa depan.

Baca Jug : Bolehkah Ibu Hamil Makan Salak Pondoh? Ini Dia Faktanya!

 8. Kaya Vitamin A

Selanjutnya, buah naga untuk bayi 6 bulan memiliki manfaat yaitu kaya vitamin A. Selain vitamin C, vitamin lain yang terdapat dalam buah naga adalah vitamin A. Buah naga mengandung kadar vitamin A yang sangat tinggi. Jadi, kesehatan mata buah hati akan terjaga dengan baik. Selain itu, vitamin A juga dapat melindungi anak Anda dari berbagai macam infeksi.

9. Antioksidan

Buah naga mengandung antioksidan alami bernama fenol. Antioksidan memiliki fungsi melindungi sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas adalah zat-zat berbahaya yang berasal dari polusi, asap rokok, radiasi sinar matahari, dan lain-lain. Radikal bebas dapat menyebabkan sel dalam tubuh mengalami oksidasi sehingga menimbulkan penyakit. Jadi, memberikan buah naga untuk bayi dapat melindungi anak dari berbagai penyakit.

10. Melindungi Kesehatan Ginjal

Khasiat buah naga untuk bayi juga bisa untuk detoksifikasi. Kadar antioksidan yang banyak terkandung dalam buah naga dapat membantu tubuh untuk detoksifikasi. Detoksifikasi adalah proses mengeluarkan racun yang terdapat dalam tubuh. Setiap harinya kita banyak terpapar racun dari polusi, radiasi sinar ultraviolet dari matahari, asap rokok, dan lain-lain.

Kemampuan detoksifikasi buah naga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan anak. Yaitu menjaga kesehatan ginjal dan juga saluran kemih.

Baca Juga : Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Kelapa Muda?

Resep MPASI Buah Naga Untuk Bayi 6 Bulan

Beirkut ini adalah beberapa resep MPASI yang menggunakan buah naga sebagai salah satu bahannya untuk bayi usia 6 bulan :

1. Oatmeal Buah Naga Merah

Untuk anak yang sudah memasuki usia 1 tahun, Anda bisa mengenalkan MPASI buah naga untuk bayi dengan tekstur yang lebih beragam. Salah satunya adalah campuran oatmeal dan buah naga merah ini. Disajikan bersama granola dan keju, MPASI yang lezat dan bergizi ini pasti akan jadi kesukaan anak. Cocok sekali disajikan untuk sarapan si kecil.

  • Siapkan bahan-bahan yaitu oatmeal, susu, buah naga merah, granola, dan keju.
  • Kupas dan potong buah naga.
  • Masak oatmeal menggunakan air panas. Sisihkan.
  • Campurkan buah naga, oatmeal, dan susu sampai halus menggunakan blender.
  • Tuangkan ke dalam mangkuk.
  • Parut keju.
  • Sajikan oatmeal buah naga dengan topping granola dan parutan keju.

2. Buah Naga dan Yogurt

Selain buah naga, yogurt juga menjadi salah satu MPASI favorit pilihan para ibu. Seperti buah naga, yogurt juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Teksturnya pun lembut sehingga mudah dicerna. Buah naga untuk bayi 6 bulan dapat dicampurkan dengan yogurt sebagai MPASI anak. Berikut cara membuatnya.

  • Blender buah naga sampai halus.
  • Saring untuk menghilangkan bijinya.
  • Tambahkan yoghurt dan aduk sampai rata.
  • MPASI siap disajikan untuk si kecil.

3. Puree Buah Naga dan Apel

Selain rasanya yang manis, buah apel juga mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti vitamin, serat, air, dan berbagai mineral. Apel memang memiliki tekstur yang agak keras untuk bayi 6 bulan. Namun buah ini tetap bisa disajikan dalam bentuk puree yang lembut. Anda bisa mencoba resep puree apel dan buah naga untuk bayi di bawah ini.

  • Kupas 1 buah naga dan 1 buah apel.
  • Potong kecil-kecil.
  • Giling sampai halus.
  • Campurkan dengan 500 ml air atau ASI, aduk rata sampai teksturnya lembut.
  • Hidangkan untuk putra putri Anda.

 4. Bubur Buah Naga dan Pepaya

Anda ingin menyiapkan MPASI untuk anak, tapi dilanda kesibukan bekerja? Para bunda yang bekerja tidak perlu khawatir. Anda bisa membuat bubur buah naga yang mudah dan cepat disiapkan. Selain mudah, MPASI ini juga mengandung banyak manfaat buah naga untuk bayi. Begini cara membuatnya.

  • Siapkan 100 ml ASI atau susu formula, ½ buah naga, dan 1 potong buah pepaya.
  • Kupas buah naga dan pepaya.
  • Blender buah naga dan pepaya sampai halus.
  • Saring untuk menyingkirkan bijinya.
  • Campur bubur dengan ASI atau susu formula. Aduk sampai rata.
  • Bubur siap disantap anak.

5. Puding Buah Naga

Untuk bayi yang sudah lebih besar, Anda bisa mengolah kreasi puding buah naga. Bahan-bahan dan cara membuatnya tidak susah. Rasanya pun manis dan segar sehingga anak pasti menyukainya.

  • Siapkan 1 buah naga. Kupas dan ambil dagingnya.
  • Haluskan daging buah naga.
  • Campurkan sebungkus agar-agar dan 800 ml susu.
  • Tambahkan 150 gram gula.
  • Biarkan sampai mendidih.
  • Campurkan daging buah naga yang dihaluskan dengan adonan puding. Aduk sampai rata.
  • Tuangkan adonan ke dalam cetakan.
  • Dinginkan di dalam kulkas.
  • Puding siap disajikan.

6. Puree Buah Naga dan Pisang

Pisang juga merupakan salah satu buah yang paling banyak digunakan sebagai MPASI. Pisang memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna, serta kandungan gizi yang tinggi. Anda bisa membuat puree atau bubur dari pisang dan buah naga untuk bayi 6 bulan dengan resep di bawah ini.

  • Kupas 1 buah pisang dan 50 gram buah naga.
  • Potong kecil-kecil.
  • Giling sampai halus.
  • Campurkan dengan 500 ml air atau ASI sampai halus.
  • MPASI siap disantap buah hati.

Baiklah, demikian sharing kita kali ini tentang “Apakah Bayi 6 Bulan Boleh Makan Buah Naga”, semoga bermanfaat untuk semuanya. Terima kasih!

Baca juga : Posisi atau Cara Tidur Ibu Hamil Agar Tidak Sakit Pinggang

Pengunjung Juga Mencari:

  • apakah bayi boleh makan buah naga
  • Apakah buah naga itu baik untuk anak 6 bulan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*