10+ Ini Dia Aktivitas Yang Jangan Dilakukan Pasca Melahirkan

0
30
Aktivitas Yang Jangan Dilakukan Pasca Melahirkan

Aktivitas Yang Jangan Dilakukan Pasca Melahirkan – Halo berjumpa kembali dengan kami solusiibuhamil.com yang pastinya kan selalu dan akan terus menshering permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan ibu hamil, anak balita, persalinan dan segala yang berkaitan secara khusus dengan ibu hamil, baik itu makanan ibu hamil, vitamin ibu hamil, aktivitas ibu hamil, makanan untuk balita, vitamin untuk balita, dan segala yang menjadi permasalahan ibu hamil itu sendiri.

Aktivitas Yang Jangan Dilakukan Pasca Melahirkan

Kali ini kami akan membahas atau sharing mengenai aktivitas yang jangan dilakukan pasca melahirkan, berikut ini pemaparannya:

Aktivitas Yang Jangan Dilakukan Pasca Melahirkan

Apa saja Aktivitas Yang Jangan Dilakukan Pasca Melahirkan? Berikut ini adalah 10 Aktivitas Pasca Melahirkan yang jangan dilakukan :

1. Jangan Berhubungan Badan

Wanita memang sebaiknya tidak berhubungan seks selama 40 hari setelah melahirkan. Banyak orang tua mengatakan hal ini karena akan menganggu kesehatan bayi namun sebenarnya hal ini sangat erat dengan kondisi kesehatan ibu. Beberapa organ vital wanita belum sepenuhnya sembuh dan bisa digunakan secara sempurna. Oleh sebab itu, sebaiknya suami tidak memaksakan sang istri untuk berhubungan seks. Terlebih kemungkinan hamil lagi sangat besar sehingga jarak waktu kehamilan antara anak pertama dan kedua akan terlalu pendek.

Baca : Cara Mempercepat Pemulihan Pasca Melahirkan Normal

2. Jangan Tidur Sore Hari

larangan ibu dan anak untuk tidur pada saat maghrib. Hal ini dikarenakan akan menyebabkan ibu dan anak menjadi sakit.

3. Jangan Makan Ikan Laut dan Daging Ayam Secara Berlebihan

Anda para ibu dilarang untuk makan ikan laut serta daging ayam. Hal ini dipercaya akan memperlambat penyembuhan luka pada ibu setelah melahirkan.

4. Jangan Makan Kacang-kacangan

Pantangan makanan setelah melahirkan yang satu ini tidak berlaku umum, melainkan hanya bagi mereka yang alergi. Bila ada anggota keluarga yang alergi kacang, maka ada baiknya Anda menghindari konsumsi kacang hingga buah hati selesai disapih. Komponen alergenik yang ada dalam kacang bisa diteruskan dengan mudah melalui air susu ibu. Namun bila Anda terlanjur mengonsumsi kacang, maka amati keadaan buah hati. Untuk bayi yang alergi kacang biasanya akan muncul gejala seperti timbul ruam, bintik merah, atau bengkak.

Baca : Stimuno Untuk Balita Dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh

5. Jangan Terlalu Banyak Mium

Anda para ibu akan dilarang meminum banyak air karena dikhawatirkan akan memperlambat penyembuhan luka.

6. Jangan Kurang Istirahat

Seorang  ibu membutuhkan banyak tenaga ekstra. Untuk itu, ibu sangat membutuhkan istirahat yang cukup. Selama masa nifas, ibu butuh istirahat selama 7-9 jam per hari. Namun sayangnya, banyak ibu yang terlalu memforsir tenaganya sehingga kurang tidur. Terutama para ibu baru yang tidak punya pengalaman sebelumnya harus begadang di beberapa bulan pertama setelah bayi lahir. Akibat kurang istirahat, tubuh pun jadi mudah lelah. Hal ini tidak akan terjadi apabila ibu bisa menyiasatinya. Ibu bisa mengatur waktu tidur dengan minta suami untuk bergantian mengasuh bayi ketika terbangun dari tidurnya. Lalu, pada siang atau sore hari ibu bisa istirahat ketika bayi tidur. Dengan begitu, jam tidur ibu pun tidak akan berantakan.

7. Jangan Sters

Sebagai orang tua, wajar apabila ibu merasa khawatir pada bayinya yang baru lahir. Namun, yang harus diwaspadai adalah ketika rasa khawatir, takut, dan gelisah menjadi tidak terkontrol dan berlebihan. Hal itu sebaiknya diatasi sedini mungkin agar ibu tidak mengalami yang namanya depresi pasca persalinan (postpartum depression). Pasalnya, apabila ibu mengalami depresi, maka yang menjadi korban adalah bukan hanya diri ibu sendiri, tapi juga bayi yang baru saja ibu lahirkan.

8. Jangan Mengurani Perhatian

Setelah melahirkan, ibu pasti akan disibukkan dengan kehadiran bayi. Namun, suami juga membutuhkan perhatian. Jangan mengabaikan suami karena bisa mempengaruhi kualitas hubungan dengannya. Luangkan waktu untuk mengobrol atau bermesraan dengannya ketika bayi sedang tidur.

Baca : 11+ Masalah Yang Harus Bunda Hadapi Setelah Melahirkan

9. Jangan Terlalu Bingung

Untuk para orang tua baru yang minim pengalaman dalam mengurus bayi, biasanya akan mendengar semua nasihat dari orang lain yang sudah berpengalaman. Yang ada, ibu dan suami malah kebingungan. Padahal, tidak semua nasihat itu benar lho. Ibu sebaiknya mengikuti naluri sendiri sebagai seorang ibu.

10. Jangan Makanan Pedas dan Beraroma kuat

Sayangnya ibu menyusui yang doyan makanan pedas masih harus bersabar dan menahan diri bila ingin mengecap masakan favoritnya. Ya, setidaknya hal itu harus dilakukan hingga 6 bulan ke depan. Hal ini dikarenakan rasa pedas bisa merasuk masuk ke dalam usus dan pembuluh darah bayi yang kondisi saluran cernanya masih lemah. Tak hanya makanan pedas, masakan lain yang beraroma kuat karena tambahan kayu manis, bawang, bumbu kare, dan merica sebaiknya juga dihindari karena alasan serupa.

Nah, itu dia beberapa Aktivitas Yang Jangan Dilakukan Pasca Melahirkan, semoga bermanfaat. Terimakasih…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here