7+ Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Hamil

0
66
Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Hamil

7+ Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Hamil – Halo sahabt solusiibuhamil.com semua, apa kabarnya nih? semoga sehat dan tetap dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa ya,, amiinn. Selamat berjumpa kembali dengan solusiibuhamil.com dengan pembahasan-pembahasan yang berkaitan langsung dengan ibu hamil.

( BACA : Gizi yang diperlukan Untuk Pertumbuhan Anak )

Berkaitan dengan asupan yang harus teroptimalkan bagi asupan nutrivi untuk ibu hamil, banyak sekali makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil agar asupan nutrisinya dapat maksimal, dari sekian banyak asupan makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil diantaranya adalah sayuran. Sayuran haruslah selalu masuk dalam menu makan anda apalagi anda yang sedang dalam masa kehamilan. Terus apa sajakah sayuraa yang baik untuk ibu hamil khususnya, berikut ini 7+ sayuran yang baik untuk ibu hamil:

7+ Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur. Sejumlah sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu, sementara yang lainnya harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, dikukus, digoreng, disangrai, atau dimakan mentah-mentah. Sayuran berbentuk daun yang dimakan mentah disebut sebagai lalapan. Sayur merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Jika sudah mengkonsumsi secara berlebihan maka anda akan mengidap penyakit “viridi lutum

 1 | Bayam

Kebutuhan asam folat dan zat besi bisa Anda dapatkan dari sayur bayam. Kandungan vitamin A, C, dan K juga termasuk di dalam sayur hijau dan segar yang dijadikan sebagai sayur bening ini. Selain bayam, sayur hijau lain seperti kailan atau sawi juga dapat menjaga kesehatan ibu hamil.

( BACA : Waspadai 8 Penyakit Pasca Melahirkan )

2 | Brokoli

Brokoli memiliki kandungan kalsium, beta karoten, indoles, dan isotiosianat. Zat tersebut juga membantu melindungi tubuh dari kanker. Untuk menjaga nutrisinya, potong brokoli kecil-kecil, lalu diamkan selama 5 menit dalam air yang diberi sedikit garam, untuk mematikan kuman atau hewan jika ada di dalamnya. Kemudian masak sebentar agar nutrisi tetap aman.

3 | Paprika

Sayur yang bisa dijadikan sebagai pengganti cabai ini nyatanya mengandung vitamin C. Bahkan kadarnya lebih tinggi daripada buah jeruk. Vitamin C sendiri dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Agar tidak terasa pedas, Anda bisa membuang biji paprika saat hendak memasaknya.

4 | Bit

Meski sering disebut buah bit, namun jenis sayur satu ini adalah yang paling bernutrisi di dunia. Kandungan ‘ajaib’ di dalamnya dapat memurnikan darah selama masa kehamilan. Selain vitamin C, asam folat, dan zat besi yang tinggi, bit juga akan menyehatkan sistem pencernaan ibu hamil.

5 | Kentang

Kentang sangat baik untuk ibu hamil karena mengandung vitamin seperti vitamin B6, vitamin C, kalium, zat besi dan beta-karoten. Antioksidan di tubuh bisa berubah jadi vitamin A karena adanya beta karoten. Vitamin A memiliki peran penting dalam perkembangan mata, tulang dan kulit bayi. Konsumsi kentang secara rutin juga bisa memberi tubuh asupan mineral yang membantu penyerapan zat besi.

6 | Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan asparagus mengandung kalsium, kalium, serat, folat, dan vitamin A. Zat gizi tersebut sangat penting untuk perkembangan anak selama masa kehamilan.

7 | buncic

Selain mengandung serat yang tinggi, buncis juga memiliki kandungan vitamin K serta protein yang tinggi. Dengan rajin mengonsumsi buncis, ibu hamil bisa terlepas dari masalah sembelit maupun sakit kepala yang sering menyerang wanita hamil.

( BACA : Makanan Yang Harus Dihindari Pasca Melahirkan )

8 | Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin c yang bermanfaat untuk mengurangi radang pada tubuh dan kandungan lycopone yang sangat bermanfaat meredakan radang pada tubuh. Tomat juga mengandung vitamin K dan biotin yang membantu kehamilan tetap sehat.

9 | wortel

Wortel mengandung banyak betakaroten yang berguna untuk perkembangan sel dan jaringan saraf pada janin. Tingginya antioksidan dalam sayuran ini diperlukan Moms agar dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, wortel mengandung kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi bayi, serta mampu memperkuat sistem imun ibu selama masa kehamilan. Setelah melahirkan, wortel juga bisa meningkatkan kualitas ASI, lho.

Nah, itu dia adalah 7+ sayuran yang baik untuk ibu hamil , semoga bermanfaat. Terimakasih…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here